Nama Generik: Betony

Manfaat

Untuk apa betony?

Betony adalah tanaman keluarga mint yang biasa dikeringkan dan diolah menjadi bahan obat kumur atau teh herbal. Betony juga umum digunakan sebagai larutan astringent dan bahan rokok.

Namun pada umumnya tanaman betony digunakan untuk:

  • Gangguan pencernaan termasuk mulas, diare, dan perut kembung.
  • Masalah pernapasan termasuk bronkitis dan asma.
  • Asam urat, sakit kepala, dan nyeri pada wajah.
  • Infeksi kandung kemih, radang kandung kemih, dan batu ginjal.
  • Stress dan tegang, gelisah, epilepsi, mengatasi kecemasan.

Dikombinasikan dengan herbal lain, betony digunakan untuk mengobati nyeri saraf (neuralgia) dan cemas.

Bagaimana cara kerjanya?

Tidak ada penelitian yang cukup mengenai bagaimana cara kerja suplemen herbal ini. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk informasi lebih lanjut. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan tannin dalam betony mungkin berguna untuk mengobati iritasi mulut dan tenggorokan, serta anti diare.

Selain itu betony mengandung sifat penenang, menghilangkan stress, gugup dan ketegangan. Penelitian menunjukkan tidak ada hewan atau data klinis terkait penggunaan betony sebagai penenang. Dalam kombinasi dengan herbal lain seperti comfrey atau limau, betony efektif untuk sakit kepala sinus dan hidung mampet.

Dosis

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk betony untuk orang dewasa?

Betony adalah tanaman herbal yang digunakan untuk membuat teh, obat kumur, atau rokok. Untuk bentuk larutan dari betony, 2-4 ml dapat digunakan 2-3 kali per hari.

Dosis dari suplemen herbal dapat berbeda pada tiap pasien. Dosis yang Anda perlukan tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Suplemen herbal tidak selalu aman untuk dikonsumsi. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang cocok untuk Anda.

Dalam bentuk apa saja betony tersedia?

Suplemen herbal ini dapat tersedia dalam bentuk dan dosis sebagai berikut:

  • kapsul
  • teh
  • larutan.

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh betony?

Betony dapat mengakibatkan beberapa efek samping termasuk hepatotoksisitas, iritasi pada pencernaan, mual, dan anoreksia. Tak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin saja ada efek samping lain yang tidak dicantumkan di sini. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping tertentu, harap berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter Anda.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi betony?

Betony dapat memengaruhi tekanan darah. Terdapat beberapa kekhawatiran jika hal ini akan berpengaruh terhadap kontrol tekanan darah selama dan sesudah operasi. Hentikan penggunaan betony setidaknya 2 minggu sebelum jadwal operasi Anda dilakukan.

Anda harus memantau tekanan darah, denyut nadi, dan karakter, serta hasil tes fungsi hati (AST, ALT bilirubin) untuk mengidentifikasi kerusakan hati saat menggunakan betony .

Simpan betony pada tempat yang sejuk, kering dan jauhkan dari panas dan lembap. Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak seketat peraturan obat-obatan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui keamanannya. Sebelum menggunakan, pastikan manfaat penggunaan suplemen herbal lebih besar dibandingkan risikonya. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah betony?

Karena dapat merangsang kontraksi rahim, sebaiknya jangan gunakan tanaman betony selama kehamilan. Hindari penggunaan herbal ini selama menyusui dan jangan diberikan kepada anak-anak hingga penelitian lebih lanjut tersedia.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi betony?

Betony adalah tanaman herbal  yang dapat berinteraksi dengan pengobatan lain atau dengan kondisi kesehatan yang Anda miliki. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum penggunaan.

Betony dapat menurunkan tekanan darah. Herbal ini dapat mengakibatkan tekanan darah turun terlalu rendah bagi orang-orang yang cenderung memiliki tekanan darah rendah.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: April 6, 2018 | Terakhir Diedit: April 6, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan