Nama Generik: Avens

Manfaat

Untuk apa avens?

Avens adalah tanaman dari genus Geum, terutama Geum urbanum, atau Bennet Herb’s. Bagian tanaman ini yang tumbuh di atas tanah biasanya digunakan untuk membuat obat.

Tanaman ini sering digunakan untuk mengatasi diaresakit tenggorokan, sakit kepala, dan peradangan lambung. Selain itu, avens digunakan untuk mengatasi luka dan wasir.

Avens tidak umum di Indonesia. Tanaman ini banyak dijumpai di Rusia serta negara-negara di Eropa dan Asia Tengah. Sayangnya, kini avens sudah jarang ditemukan dan digunakan. 

Bagaimana cara kerjanya?

Tidak ada penelitian yang cukup tentang bagaimana tanaman herbal ini bekerja. Silakan diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk informasi lebih lanjut. 

Avens adalah salah satu tanaman yang diduga memiliki fungsi antiradang, mirip dengan NSAID. Meski begitu, sampai saat ini belum ada penelitian yang tersedia baik untuk mengkonfirmasi atau menyangkal klaim tersebut.

Dosis

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk avens untuk orang dewasa?

Ada banyak dosis untuk avens. Dosis tanaman herbal ini dapat berbeda untuk setiap pasien. Dosis yang digunakan tergantung usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Obat herbal tidak selalu aman. Silakan diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk dosis yang sesuai.

Dalam bentuk apa saja avens tersedia?

Kesedian tanaman avens adalah:

  • ekstrak cairan
  • bubuk
  • teh
  • larutan

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh avens?

Efek samping paling umum dari mengonsumsi tanaman avens adalah:

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda khawatir dengan efek sampingnya, silakan konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter Anda.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi avens?

Gunakan ramuan ini dengan hati-hati atau di bawah pengawasan ahli herbal professional karena penelitian tentang penggunaan, efek samping, dan racun avens jarang dilakukan.

Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak seketat peraturan obat-obatan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui keamanannya. Sebelum menggunakan, pastikan manfaat penggunaan suplemen herbal lebih besar dibandingkan risikonya. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah avens?

Sampai lebih banyak penelitian tersedia, avens sebaiknya tidak digunakan saat hamil atau menyusui. Selain itu, tanaman ini juga sebaiknya tidak diberikan pada anak-anak.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi avens?

Penelitian tentang avens jarang dilakukan. Avens dapat meningkatkan BUN dan kreatinin sehingga memengaruhi hasil tes Anda.

Tanaman herbal ini mungkin dapat berinteraksi dengan obat yang sedang digunakan atau kondisi medis Anda sekarang. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter Anda sebelum menggunakannya.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 28, 2018 | Terakhir Diedit: Maret 28, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan