Nama Generik: Androstenedione (Androstenediol)

Manfaat

Apa manfaat androstenedione (androstenediol)?

Androstenedione adalah sebuah hormon steroid yang digunakan sebagai obat suplemen tambahan. Fungsi obat androstenedione adalah untuk meningkatkan energi, menambah performa tubuh, menjaga kadar sel darah merah tetap normal, serta membuat gairah seksual bertambah.

Cara kerja androstenedione adalah dengan meningkatkan produksi hormon testoteron serta estrogen yang memiliki efek pada pertambahan energi serta performa tubuh.

Sebenarnya, androstenedione adalah obat yang tergolong substansi terlarang menurut National Collegiate Athletic Association (NCAA), pasalnya suplemen ini dapat meningkatkan kadar hormon melebihi normal.

Biasanya, suplemen herbal ini digunakan para atlet menjelang pertandingan, namun penggunaannya memang harus di bawah pengawasan dokter, karena obat ini dapat menimbulkan berbagai risiko kesehatan tertentu.

Bagaimana cara kerjanya?

Belum terdapat penelitian yang cukup mengenai bagaimana suplemen herbal ini bekerja. Mohon diskusikan dengan ahli herbal Anda atau dokter untuk informasi lebih lanjut. Namun, terdapat beberapa penelitian yang menunjukan bahwa androstenediol dapat meningkatkan produksi testosteron dan stamina. Obat ini dapat dikonversi menjadi hormon estradiol, DHEA, dan estrone.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard University, menemukan bahwa androstenediol mampu meningkatkan hormon testosteron pada laki-laki yang hanya mengonsumsinya dalam waktu satu minggu saja.

Akan tetapi, sampai saat ini belum ada penelitian yang menyatakan bahwa obat ini aman untuk digunakan sebagai suplemen pembesar otot.

Dosis

Informasi yang disediakan bukanlah pengganti saran medis. SELALU konsultasikan ahli herbal anda atau dokter sebelum melakukan pengobatan ini.

Berapa dosis  yang biasa digunakan untuk androstenedione?

Sampai saat ini, belum ada aturan mengenai dosis yang aman dalam penggunaan androstenedione. Namun, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dosis 100-300 mg androstenediol per hari yang digunakan selama 2-3 bulan, tidak terbukti bisa meningkatkan kekuatan dan massa otot.

Ingat, obat androstenedione adalah suplemen yang dapat mengubah jumlah hormon, sehingga penggunaannya harus sangat diperhatikan. Salah-salah, justru Anda dapat mengalami kondisi kesehatan lain.

Dosis untuk suplemen herbal ini juga mungkin berbeda untuk setiap pasien. Dosis yang anda ambil bergantung pada umur, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Suplemen-suplemen herbal tidak selalu aman.

Maka itu, sebaiknya diskusikan hal ini pada dokter, sebelum mengonsumsi obat tersebut.

Dalam bentuk apa saja androstenedione tersedia?

Suplemen herbal ini mungkin tersedia dalam bentuk tablet.

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh androstenedione?

Efek samping dapat mencakup peningkatan testosteron dan estrogen. Hal ini dapat menyebabkan:

  • pada pria: tumbuhnya payudara, testis menjadi mengecil, kebotakan
  • pada wanita:  pertumbuhan rambut badan dan wajah yang berlebihan (disebut hirsutism), berhentinya menstruasi (amenore), jerawat memburuk dan perubahan pada alat kelamin

Tak hanya itu, beberapa  efek samping yang mungkin muncul ketika Anda menggunakan Androstenedione adalah sebagai berikut:

Tidak setiap orang mengalami efek samping tersebut. Mungkin terdapat beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping, mohon berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menggunakan androstenedione?

Simpan androstenediol di tempat yang kering, jauh dari sinar matahari.

Disebabkan banyaknya potensi bahaya kesehatan, lembaga “Food and Drug Administration” di Amerika Serikat, setara dengan Badan POM di Indonesia, telah melarang penjualan bebas androstenedione dan zat konsumsi bersifat steroid yang sama.

Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak terlalu ketat dibandingkan dengan peraturan penggunaan obat. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menentukan keamanannya. Sebelum menggunakan suplemen herbal, pastikan manfaatnya lebih banyak dibandingkan dengan risikonya. Konsultasilah dengan ahli herbal dan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah androstenedione?

Androstenediol tidak boleh dikonsumsi anak kecil atau orang yang sedang hamil, menyusui, hipersensitif, atau menderita kanker payudara, prostat, atau penyakit jantung.

Sekali lagi, obat androstenedione adalah obat yang sangat mungkin menimbulkan masalah hormon jika tidak digunakan dengan benar. Jadi, hindari penggunaannya jika Anda akan melakukan pemeriksaan fungsi hati dan sedang mengalami depresi.

Selalu diskusikan dan konsultasikan hal ini pada dokter Anda.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi  androstenodione?

Suplemen herbal ini dapat berinteraksi dengan obat Anda saat yang lain atau kondisi medis Anda saat ini. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter Anda sebelum menggunakannya.

Efek obat andrestenodione adalah meningkatkan efek dari obat-obatan estrogen, estridol, estrone, dan testosteron. Jadi, jangan sembarangan menggunakan obat ini jika Anda sedang menjalani terapi hormon.

Androstenedione dapat menurunkan HDL yang mana dapat mempengaruhi hasil uji lab.

Hello Health Group tidak melayani rekomendasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Februari 21, 2018 | Terakhir Diedit: Februari 21, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan