Nama Generik: Allspice

Manfaat

Untuk apa allspice?

Allspice adalah pohon yang tumbuh di Amerika Tengah, Meksiko, dan Kepulauan Karibia. Buah mentah dan daun dari tanaman tersebut digunakan sebagai obat. Allspice juga sering disebut sebagai merica Jamaika.

Allspice adalah tanaman yang digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan, perut kembung, nyeri otot, dan sakit gigi. Juga dapat digunakan untuk obat demam dan pilek. Para ilmuwan sedang mempelajari penggunaan allspice dalam mengobati diabetes dan hipertensi.

Dalam makanan, allspice digunakan sebagai bumbu. Dalam manufaktur, allspice digunakan untuk rasa pasta gigi. Allspice jarang digunakan untuk terapi. Namun, sering digunakan sebagai penyedap atau rempah-rempah aromatik.

Bagaimana cara kerjanya?

Belum ada penelitian yang cukup tentang cara kerja allspice sebagai suplemen herbal. Silakan berdiskusi dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan allspice mengandung zat kimia yang disebut eugenol, yang mungkin menjelaskan beberapa penggunaan tradisional untuk sakit gigi dan nyeri otot. Allspice uga digunakan untuk mengobati demam, flu, dan pilek.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa allspice bisa membantu menurunkan tekanan darah, mungkin karena kemampuan asam tanat untuk mengerahkan efek depresan pada otot polos dan jaringan jantung. Studi lain menunjukkan bahwa ekstrak metanol dari allspice adalah tanaman herbal yang dapat membantu wanita mengurangi gejala menopause.

Dosis

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk allspice untuk orang dewasa?

Dosisnya mungkin berbeda untuk setiap orang. Allspice sering digunakan dalam bentuk bubuk atau minyak yang diekstrak. Jangan gunakan lebih dari 5 ml minyak allspice karena adanya risiko keracunan.

Akan tetapi, dosis yang dipakai tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Suplemen herbal tidak selalu aman. Silakan berdiskusi dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang tepat bagi Anda.

Dalam bentuk apa saja allspice tersedia?

Suplemen herbal ini tersedia dalam bentuk berikut:

  • ekstrak
  • minyak
  • bubuk

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh allspice?

Allspice dapat menyebabkan beberapa efek samping termasuk:

  • kejang (dosis tinggi), depresi SSP
  • iritasi selaput lendir
  • mual, muntah, gastroenteritis, dan anoreksia
  • ruam atau reaksi hipersensitivitas

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi allspice?

Jika allspice sedang digunakan untuk mengobati hipertensi, Anda harus memerhatikan status jantung Anda: mulai dari tekanan darah, nadi, karakter, hingga edema (penumpukan cairan). 

Anda harus tahu dosis maksimum allspice untuk kondisi Anda dari dokter, untuk mencegah kejang-kejang. Allspice tidak dianjurkan digunakan pada orang yang memiliki kolitis, sindrom iritasi usus, penyakit Crohn, atau kanker.

Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak terlalu ketat dibandingkan dengan peraturan penggunaan obat. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menentukan keamanannya. Sebelum menggunakan suplemen herbal, pastikan manfaatnya lebih banyak dibandingkan dengan risikonya. Konsultasilah dengan ahli herbal dan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah allspice?

Sampai  penelitian  lebih  lanjut  yang tersedia,  jangan  gunakan  rempah  ini  sebagai pengobatan  selama  kehamilan  dan  menyusui,  dan jangan digunakan untuk anak‐anak.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi allspice?

Suplemen herbal ini dapat berinteraksi dengan obat atau kondisi medis Anda saat ini. Konsultasikan dengan penyembuh herbal atau dokter sebelum menggunakan.

Allspice adalah tanaman yang dapat menghambat trombosit, menyebabkan perdarahan. Allspice dapat mengganggu penyerapan mineral seperti zat besi dan zinc. Jangan gunakan bersamaan dengan suplemen mineral.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: April 19, 2018 | Terakhir Diedit: April 19, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan