Dua Vitamin dan Mineral yang Paling Diperlukan Tubuh Selama Puasa

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 4 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bagi umat muslim, puasa merupakan hal yang wajib dilakukan ketika bulan Ramadan datang. Di Indonesia, biasanya Anda harus menahan lapar, haus, dan berbagai pantangan lain dalam puasa sekitar kurang lebih 13 jam dalam satu hari. Selama waktu tersebut, tidak ada makanan atau minuman yang masuk sama sekali ke dalam tubuh dan banyak fungsi tubuh yang mengalami perubahan karena hal tersebut. Salah satunya adalah penurunan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, Anda butuh minum vitamin C dan zinc agar tubuh Anda kuat dalam menjalani puasa.

Mengapa harus vitamin C serta zinc? Sebenarnya apa manfaat kedua nutrisi tersebut bagi tubuh?

Kenapa penting minum vitamin C dan zinc saat puasa?

Tidak sedikit orang yang mudah jatuh sakit atau sekadar mengalami batuk dan pilek di bulan puasa. Jika Anda mengalaminya, maka ini tanda bahwa sistem kekebalan tubuh Anda menurun.

Perubahan pola makan serta kecenderungan untuk tidak mendapatkan nutrisi yang cukup dari makanan yang Anda makan saat bulan puasa adalah penyebabnya.

Tidak sebebas hari biasanya, pada bulan puasa Anda hanya bisa makan ketika sahur atau buka puasa sajaSedangkan malam harinya Anda gunakan untuk istirahat. Hal ini menyebabkan tubuh mengalami kekurangan nutrisi dan berakhir pada penurunan sistem kekebalan tubuh.

Namun jangan khawatir, Anda bisa mengakalinya dengan cara mengonsumsi sumber vitamin C dan zinc yang dapat meningkatkan pertahanan tubuh Anda kembali.

Fungsi vitamin C

Mengapa harus minum vitamin C? Sebab, vitamin C adalah vitamin yang larut air yang memiliki fungsi utama untuk:

  • Membantu tubuh memperbaiki jaringan yang rusak
  • Membuat kekebalan tubuh lebih kuat dengan cara meningkatkan sel darah putih yang menjadi pasukan utama dalam menyerang bakteri dan zat asing.
  • Mencegah penuaan
  • Sebagai antioksidan yang baik untuk mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kronis.

Fungsi zinc

Sedangkan zinc adalah jenis mineral yang tidak hanya dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan saja, namun juga berperan penting dalam:

  • Meningkatkan pertahanan tubuh
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Membantu metabolisme karbohidrat

Setelah mengetahui masing-masing fungsi vitamin ini, maka dapat disimpulkan bahwa mengonsumsi sumber vitamin C dan zinc adalah hal yang tepat agar Anda tidak mudah tumbang ketika menjalani puasa.

Minum vitamin C dan zinc sebaiknya dimulai menjelang bulan puasa

Pada awal bulan puasa, tubuh Anda sangat mungkin merasa kaget dan harus beradaptasi kembali terhadap perubahan gaya hidup, entah itu pola makan, waktu tidur, serta waktu untuk beraktivitas yang berubah.

Oleh sebab itu, tidak jarang orang mudah terserang penyakit di bulan puasa, apalagi di awal bulan ramadan, akibat perubahan yang terjadi.

Nah, untuk itu Anda perlu minum vitamin C serta zinc lebih banyak. Lebih baik lagi, sebelum memasuki puasa untuk membuat tubuh Anda siap akan perubahan yang akan terjadi. Apalagi, vitamin C bersifat larut air yang sangat mudah hilang dan dikeluarkan tubuh melalui keringat dan urin.

Anda mungkin akan mengalami banyak vitamin C saat menjalani puasa. Simpanan ini dapat menolong Anda untuk memenuhi kembali kebutuhan vitamin C.

Tidak jauh beda dengan vitamin C, mineral zinc juga perlu Anda siapkan di dalam tubuh sebelum Anda melakukan puasa. Ini agar Anda dapat menjalani ibadah tersebut dengan lancar dan tanpa gangguan.

Dari mana saya bisa mendapatkan vitamin C dan zinc?

Sebenarnya, banyak sumber makanan yang mengandung vitamin C dan zinc tinggi. Sumber makanan yang memiliki vitamin C tinggi adalah berbagai macam buah-buahan seperti mangga, jeruk, pepaya, dan melon.

Sementara sumber sayuran yang mengandung vitamin C yang tinggi yaitu brokoli, kembang kol, dan tomat. Sedangkan Anda dapat menemukan kadar zinc yang cukup tinggi di dalam sumber makanan seperti daging sapi, berbagai macam makanan laut, daging ayam, dan bayam.

Anda mungkin tidak mampu untuk mengonsumsi semua sumber makanan tersebut bersamaan karena mempunyai waktu makan yang terbatas. Maka Anda bisa mengandalkan suplemen yang mengandung vitamin C dan zinc untuk memenuhi kebutuhan vitamin serta mineral Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Jenis Teh yang Tidak Mengandung Kafein

Banyak yang belum menyadari kalau teh yang biasa Anda minum mengandung kafein. Tapi tenang, ternyata ada banyak teh tanpa kafein yang bisa Anda konsumsi.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Fakta Unik 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Waktu Paling Sehat untuk Minum Kopi Ternyata Bukan Pagi Hari

Anda penggemar kopi? Kapan Anda biasanya minum kopi? Jika jawabannya pagi hari, Anda salah waktu. Cari tahu waktu efektif minum kopi di artikel ini.

Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hidup Sehat, Fakta Unik 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Cara Mudah Ukur Kebugaran Jantung dan Paru, Tak Perlu Periksa ke Rumah Sakit

Cepat lelah dan kehabisan napas bisa jadi tanda kebugaran jantung dan paru-paru Anda kurang baik. Tapi bagaimana cara mengukurnya? Simak di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Kebugaran, Hidup Sehat 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Tips Membantu Pasangan yang Malu Berhubungan Intim

Mau coba hal-hal baru di ranjang, tapi pasangan Anda malu berhubungan intim? Tenang, Anda bisa membangkitkan kehidupan seks Anda dengan beragam cara ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

risiko kesehatan akibat terlalu lama menatap layar komputer

Risiko Kesehatan Setelah Menatap Layar Komputer Terlalu Lama

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Elita Mulyadi
Dipublikasikan tanggal: 1 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
kepribadian introvert ekstrovert kesehatan

Apakah Kepribadian Anda Introvert atau Ekstrovert? Ini Pengaruhnya untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 30 September 2020 . Waktu baca 4 menit
gangguan pencernaan anak

Gangguan Pencernaan yang Sering Dialami Bayi dan Anak-Anak

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 30 September 2020 . Waktu baca 10 menit
Seks dengan Lampu Menyala

6 Alasan Seks Lebih Menyenangkan dengan Lampu Menyala

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit