Apakah Boleh Minum Kopi Saat Sahur? Ini Jawabannya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 07/05/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Puasa di bulan Ramadan, tentu akan mengubah pola makan Anda sehari-hari. Sebagai contoh, Anda akan bangun dini hari untuk makan sahur dan akan makan di saat petang untuk berbuka puasa. Bagi Anda yang terbiasa minum kopi setiap hari, mungkin akan berusaha menyempatkan minum kopi, saat sahur maupun saat berbuka. Akan tetapi, bolehkan minum kopi saat sedang sahur? Simak penjelasannya berikut ini.

Apakah minum kopi saat sahur diperbolehkan?

Tidak sedikit orang yang memiliki kebiasaan minum kopi setiap hari. Anda mungkin satu dari sekian banyak orang tersebut. Hal ini umumnya tetap berlaku pada bulan puasa, jadi tak heran jika Anda masih berusaha menyempatkan diri untuk minum kopi, baik saat sahur atau berbuka puasa.

Sayangnya, kebiasaan minum kopi setiap hari mungkin bukan pilihan yang bijak untuk kesehatan Anda jika dikonsumsi di kala sahur.

Bahkan, kopi termasuk salah satu makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat sahur. Apalagi jika Anda mengonsumsi minuman berkafein saat sedang makan sahur, karena saat itu Anda masih baru bangun tidur dengan perut dalam keadaan kosong.

Daripada minum kopi, lebih baik Anda mengonsumsi berbagai makanan sehat dan bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda di kala sahur. Dengan begitu, Anda akan kuat dan berenergi menjalani puasa hingga waktu berbuka tiba.

Mungkin memang belum ada penelitian yang secara gamblang menyatakan bahwa minum kopi di kala sahur itu tidak diperbolehkan ataupun dilarang. Akan tetapi lebih baik jika Anda menghindarinya.

Gangguan kesehatan yang mungkin terjadi jika minum kopi saat sahur

Sebenarnya, ada beberapa alasan yang mendukung agar sebaiknya Anda tidak minum kopi saat sahur. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Berpotensi dehidrasi

Tahukah Anda bahwa minum kopi di kala sahur berpotensi meningkatkan risiko Anda mengalami dehidrasi? Ya, pasalnya minuman berkafein seperti kopi memiliki efek diuretik jika dikonsumsi, khususnya dalam jumlah yang banyak. Hal tersebut juga didukung oleh sebuah artikel yang dimuat pada jurnal Urology Annals yang menyatakan hal serupa.

Diuretik adalah substansi atau zat yang menyebabkan tubuh memproduksi urine lebih banyak dari biasanya. Kandungan kafein di dalam kopi memberikan efek diuretik sehingga meningkatkan aliran darah menuju ginjal. Hal tersebut kemudian mendorong ginjal untuk melepaskan lebih banyak air melalui urine.

Artinya, saat Anda minum kopi saat sahur, kemungkinannya cukup besar untuk terus ingin buang air kecil selama puasa. Padahal, semakin banyak air yang dikeluarkan dari tubuh, semakin tinggi risiko Anda mengalami dehidrasi.

Anda tentu bisa membayangkan betapa tidak nyamannya saat tubuh kekurangan cairan tapi Anda tidak bisa mengganti cairan dengan minum air karena sedang menjalankan ibadah puasa. Hal ini bisa menyebabkan Anda terpaksa membatalkan puasa karena tidak kuat atau Anda harus menahan diri dan merasa tak nyaman sepanjang hari.

  • Asam lambung meningkat

Sahur biasanya dilaksanakan saat dini hari atau menjelang subuh. Tentu Anda baru bangun tidur saat makan sahur dan perut masih dalam keadaan kosong. Dalam kondisi tersebut, Anda tidak disarankan minum kopi. Mengapa demikian?

Pada dasarnya kopi memiliki rasa yang pahit, tapi sebenarnya kopi memiliki sifat asam. Sementara itu, minum minuman atau makanan yang bersifat asam saat perut dalam keadaan kosong tentu tidak baik untuk kesehatan lambung Anda. Jika Anda memaksakan diri untuk minum kopi saat sahur, Anda mungkin akan mengalami masalah lambung.

Sebagai contoh, Anda bisa saja mengalami heartburn atau dada terasa panas seperti terbakar, maag, hingga refluks asam lambung. Beberapa masalah lambung tersebut terjadi karena minuman berkafein seperti kopi bisa meningkatkan kadar asam lambung.

Kondisi seperti ini tentu akan membuat Anda tidak nyaman saat berpuasa. Bahkan, Anda mungkin terpaksa harus membatalkan puasa Anda. Maka itu, lebih baik pilih makanan dan minuman yang aman dikonsumsi saat sahur agar Anda bisa berkonsentrasi menjalankan ibadah puasa dengan baik.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenali Kandungan Tinta Cumi dan Beragam Penyajiannya

Kandungan tinta cumi dianggap dapat membuat sajian makanan terasa lebih lezat, benarkah demikian? Apa saja sebenarnya kandungan tinta cumi?

Ditulis oleh: dr. Ivena
Nutrisi, Hidup Sehat 21/03/2020 . Waktu baca 3 menit

Fungsi Paru Berkurang Setelah Pasien COVID-19 Sembuh, Benarkah?

Ilmuwan melihat adanya perubahan pada pada kondisi paru pasien COVID-19 yang sudah sembuh, kondisi paru-paru mereka mengalami pelemahan fungsi.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 18/03/2020 . Waktu baca 4 menit

Dapatkah Pasien Menularkan COVID-19 Setelah Sembuh?

COVID-19 menginfeksi lebih dari 100 ribu orang (3/11), 50% telah pulih. Tapi, apakah setelah sembuh mereka masih bisa menularkan COVID-19 ke orang lain?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 17/03/2020 . Waktu baca 5 menit

5 Efek Negatif yang Dialami Balita Jika Sering Minum Kopi

Kopi mungkin merupakan minuman biasa bagi orang dewasa, tapi tidak bagi balita. Balita yang sering minum kopi dapat mengalami dampak berikut.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Kesehatan Anak, Parenting 02/02/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

sleep texting adalah

Mengulik Sleep Texting, Gangguan yang Bikin Anda Berkirim Pesan Saat Tidur

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 23/06/2020 . Waktu baca 5 menit
mual setelah minum kopi

Sering Mual Setelah Minum Kopi? Ini Penyebab dan Tips Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 20/06/2020 . Waktu baca 5 menit
kopi campur lemon

Benarkah Ada Khasiat Khusus Minum Kopi Campur Lemon?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 27/04/2020 . Waktu baca 5 menit
efek minum kopi instan setiap hari

Sering Minum Kopi Instan? Ketahui Efek pada Kesehatan yang Mungkin Terjadi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 21/04/2020 . Waktu baca 4 menit