Pentingnya Menjaga Kesehatan Tulang Selama Puasa

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19/02/2020 . 5 menit baca
Bagikan sekarang

Banyaknya aktivitas yang harus Anda jalani selama puasa menuntut Anda untuk selalu menjaga kesehatan tulang. Tulang yang sehat bisa menopang tubuh dengan baik, bahkan saat Anda sedang menjalani ibadah puasa. Lantas, apa pentingnya menjaga kesehatan tulang? Bagaimana caranya? Semua akan dijawab dalam ulasan berikut ini.

Kenapa perlu menjaga kesehatan tulang saat puasa?

Tulang memainkan banyak peran penting dalam menyokong struktur tubuh, membantu Anda untuk berdiri tegak, melindungi organ-organ di dalam tubuh, serta membantu tubuh bergerak lebih luwes. Sehari-harinya, Anda mungkin disibukkan dengan berbagai kegiatan yang mengandalkan kerja tulang. Itu sebabnya, Anda disarankan untuk melakukan banyak hal yang bisa mendukung keoptimalan kesehatan tulang.

Nah, tidak berbeda dari hari-hari biasanya, selama puasa pun bukan berarti Anda harus membatasi aktivitas harian. Justru dengan banyak beraktivitas yang mengandalkan kerja tulang dan otot-otot tubuh, justru bisa semakin mengoptimalkan kesehatan tulang dan mencegah pengeroposannya.

Maka itu, meski sedang berpuasa, Anda tetap dianjurkan untuk menjaga kesehatan tulang. Pasalnya, pola makan yang berbeda selama puasa bisa melemahkan beberapa fungsi tubuh manusia. Pasalnya, tubuh tidak mendapatkan nutrisi apa pun selama kurang lebih 14 jam berpuasa.

Padahal, baik saat sedang berpuasa ataupun tidak, jumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda tetap sama, termasuk kebutuhan kalsium dan vitamin D yang penting untuk tulang. Jadi karena banyaknya aktivitas yang Anda jalani serta asupan nutrisi yang tidak seoptimal hari biasa, penting untuk menjaga kesehatan tulang dengan baik selama puasa. Hal ini bertujuan untuk mencegah menurunnya fungsi normal tulang.

Bagaimana cara menjaga kesehatan tulang selama puasa?

Puasa bukanlah sebuah penghalang untuk Anda tetap giat beraktivitas. Anda bisa menerapkan berbagai cara berikut ini untuk menjaga kesehatan tulang selama berpuasa:

1. Istirahat yang cukup

Waktu tidur selama bulan puasa akan berubah, Anda harus bangun lebih pagi untuk sahur dan melakukan ibadah hingga malam hari. Kemungkinan juga jam tidur malam Anda akan bergeser sedikit. Maka itu, penting untuk menjaga tubuh tetap prima selama berpuasa, sebab ini akan memengaruhi kesehatan tulang saat beraktivitas keesokan harinya.

Usahakan untuk selalu tidur yang cukup, setidaknya 7 jam semalam. Meski terlihat sepele, istirahat yang cukup bisa mencegah Anda merasa kelelahan. Dengan begitu Anda bisa meringankan kerja tulang selama beraktivitas keesokan harinya. Lagipula, selama tidur tulang Anda melakukan perbaikan jaringan sehingga fungsinya tetap kuat dan terjaga.

2. Mengatur asupan makanan

Anda tidak harus mengonsumsi makanan yang terlalu banyak saat sahur maupun berbuka untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Makan dalam jumlah yang cukup tapi mengandung gizi seimbang adalah kuncinya.

Secara tidak langsung, apa yang Anda konsumsi akan memengaruhi ketahanan tubuh serta kesehatan tulang Anda. Maka itu, Anda harus cermat dalam mengatur makanan dan minuman apa saja yang tepat untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka.

Pilih makanan dan minuman yang kaya vitamin D dan kalsium seperti susu, jamur, dan sayuran hijau.

3. Minum suplemen

Jika Anda ingin menjaga kesehatan tulang selama puasa, pastikan asupan penting yang dibutuhkan tulang telah tercukupi dengan baik, yakni kalsium dan vitamin D. Kalsium membangun jaringan tulang, sementara vitamin D bertugas untuk membantu tubuh memproses dan menyerap kalsium tersebut. Itu sebabnya, kedua nutrisi ini merupakan landasan tulang yang sehat.

Sumber kalsium alami bisa Anda peroleh dari susu, ikan teri, telur, brokoli, bayam, bok coy, tahu, jeruk, dan sebagainya. Sedangkan vitamin D merupakan nutrisi yang bisa Anda dapatkan dengan mudah dari makanan dan sinar matahari. Tubuh akan secara otomatis memproduksi vitamin D saat terpapar sinar matahari. Namun, Anda juga bisa mencukupi kebutuhannya dengan makan makanan sumber vitamin D seperti ikan tuna, sarden, susu, hati sapi, kuning telur, dan sebagainya.

Selain dari makanan dan sinar matahari, Anda juga bisa mengoptimalkan kebutuhan kalsium dan vitamin D tubuh dengan cara minum suplemen yang kaya akan kandungan kalsium dan vitamin D. Dengan begitu, Anda tetap bisa beraktivitas dengan lancar sekaligus menjaga kesehatan tulang selama berpuasa.

4. Tetap rutin berolahraga

Menjalani ibadah puasa bukanlah alasan untuk berhenti olahraga. Namun, jika Anda ingin melakukan olahraga di bulan puasa, waktu terbaiknya yakni setelah berbuka. Sebab saat itu energi dalam tubuh telah kembali pulih berkat asupan makanan dan minuman. Selain itu, Anda juga bisa melakukannya 1 sampai 1,5 jam menjelang berbuka puasa. Keduanya sah-sah saja, Anda tinggal menyesuaikannya dengan kemampuan tubuh.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kebutuhan Vitamin untuk Balita Usia 2-5 Tahun

Memilih vitamin untuk balita memang harus hati-hati. Kalau salah, bisa sebabkan alergi dan masalah lain. Berikut penjelasan seputar vitamin untuk balita.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Parenting, Nutrisi Anak 13/04/2020 . 8 menit baca

Kapan Sebaiknya Kita Berjemur di Pagi Hari?

Berjemur di pagi hari punya banyak manfaat untuk tubuh Anda, tetapi aktivitas ini bisa berakibat buruk jika dilakukan tidak sesuai anjuran.

Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Hidup Sehat, Tips Sehat 03/04/2020 . 5 menit baca

Sudah Osteoporosis, Masih Bisakah Minum Susu untuk Menguatkan Tulang?

Susu disebut sebagai minuman wajib untuk menjaga kesehatan tulang. Namun jika tulang sudah telanjur keropos, apakah susu masih efektif untuk menguatkannya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Osteoporosis, Health Centers 12/01/2020 . 6 menit baca

Daftar Makanan Pencegah Osteoporosis yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari

Osteoporosis tak hanya bisa dicegah dengan tetap aktif berolahraga, tetapi juga dengan makanan. Berikut ragam makanan pencegah osteoporosis untuk Anda.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Osteoporosis, Health Centers 12/01/2020 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

penyebab keropos tulang 1

Hati-hati, Tulang Bisa Keropos Selama di Rumah Saja karena Tak Banyak Aktivitas

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020 . 4 menit baca
pantangan makanan osteoporosis

5 Makanan dan Minuman Pantangan Penderita Osteoporosis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020 . 4 menit baca
vitamin c dan zinc untuk puasa

Dua Vitamin dan Mineral yang Paling Diperlukan Tubuh Selama Puasa

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 01/05/2020 . 4 menit baca
manfaat psikologis puasa

Berbagai Fungsi Vitamin D yang Bermanfaat Selama Puasa

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 30/04/2020 . 3 menit baca