3 Aturan Menjalankan Puasa Aman Saat Hamil Trimester 3

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Meski tidak diwajibkan, tidak sedikit ibu hamil yang tetap ingin melaksanakan ibadah puasa. Ibu hamil boleh-boleh saja berpuasa, jika dokter menyatakan bahwa kondisi Anda dan kandungan baik-baik saja, itu berarti Anda boleh berpuasa. Namun, perhatikan juga usia kehamilan. Lalu, bagaimana puasa saat hamil trimester 3? Apakah diperbolehkan atau dilarang? Simak artikel ini.

Pentingnya memperhatikan asupan bagi ibu hamil yang berpuasa

Kehamilan trimester 3 adalah masa kehamilan antara 7 bulan hingga 9 bulan atau menjelang masa persalinan. Selama 3 bulan terakhir kehamilan, ibu hamil biasanya akan mengalami rasa khawatir atau cemas menghadapi saat-saat melahirkan nanti.

Ditinjau dari sisi medis, ibu hamil boleh berpuasa karena tidak ada masalah bila ibu hamil bermaksud menjalankan ibadah puasa Ramadan. Karena pada prinsipnya kebutuhan asupan ibu hamil adalah 2.200-2.300 kalori per hari. Selama kebutuhan tersebut terpenuhi, tidak akan ada kendala yang berarti. Meski demikian kondisi ini menimbulkan konsekuensi yang berbeda-beda bagi para ibu. Ada yang tidak masalah dengan menggeser waktu makannya, sarapan menjadi makan sahur, makan siang di waktu buka, dan makan malam sedikit setelah salat Tarawih.

Namun sebelum memutuskan tetap berpuasa, ada baiknya ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatannya. Secara umum kondisi ibu hamil paling ‘fit’ untuk berpuasa setelah kehamilannya masuk minggu ke-16-28 atau usia kandungan 4-7 bulan. Pada masa inilah tubuh ibu sudah dapat beradaptasi dengan perubahan hormonal yang terjadi sehingga keluhan selama kehamilan dapat diminimalisasi.

Yang perlu diperhatikan ketika puasa saat hamil trimester 3

1.  Kondisi kesehatan yang terjaga

Setiap individu memiliki kondisi kesehatan yang berbeda sehingga mungkin di antara Anda ada yang sanggup berpuasa di trimester ketiga dan ada yang tidak. Kesehatan tubuh ibu hamil jadi pertimbangan yang penting mengingat bagi sebagian ibu hamil memiliki kondisi cepat lemah dan lelah apabila dipaksakan untuk berpuasa.

Hal ini akan dikhawatirkan memperburuk keadaan ibu hamil dan janin. Memasuki bulan kesembilan ibu hamil biasanya didera perasaan was-was menunggu kelahiran buah hati. Jika dibiarkan dalam kondisi perut kosong selama 14 jam, hal ini akan meningkatkan kecemasan yang tinggi pada ibu hamil.

Jika hal ini terjadi sebaiknya Anda jangan memaksakan untuk melanjutkan puasa. Rekomendasi puasa saat hamil trimester tiga, harus Anda dapatkan dari dokter kandungan Anda, untuk itu penting berkonsultasi terlebih dahulu mengenai kondisi Anda dan calon anak yang ada di kandungan.

2.  Keseimbangan gizi sesuai dengan kebutuhan

Pada masa ini, Anda membutuhkan asupan nutrisi yang dapat memberikan energi tambahan untuk mempersiapkan persalinan. Jangan sia-siakan waktu bersahur dan berbuka Anda.

Penuhi dengan gizi yang seimbang, perhatikan kualitas dan juga kualitas menu berbuka dan sahur Anda. Kebutuhan kalori tambahan ibu hamil per harinya adalah 285-300 kkal dari kebutuhan kalori per hari sebelum hamil, kalori dalam jumlah yang banyak dari wanita hamil normalnya adalah untuk membantu pertumbuhan janin dan plasenta sehingga mampu menambah volume ketuban.

Asupan protein, lemak dalam jumlah yang sesuai dan juga vitamin bisa Anda dapatkan dari buah dan sayur. Pada masa ini vitamin B sangat dibutuhkan, selain itu kebutuhan air harus tercukupi untuk dapat mempertahankan volume darah yang meningkat selama masa kehamilan.

3.  Kurangi minuman mengandung gula tinggi

Trimester ketiga semakin membuat Anda mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas karena berat badan yang bertambah. Kenaikan berat badan memang umum dilalui oleh Anda semasa kehamilan.

Namun, jika berlebih dapat memicu perkembangan janin sehingga bayi yang lahir memiliki kelebihan berat badan, jaga asupan makanan atau minuman saat berpuasa. Hindari makanan kolak dengan pemanis berlebih atau buatan yang memicu kegemukan.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Mei 25, 2018 | Terakhir Diedit: November 15, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca