1. Definisi

Apa itu gigitan laba-laba Brown Recluse?

Laba-laba Brown Recluse memiliki kaki yang panjang dan gelap serta berbentuk biola pada bagian kepalanya. Kemungkinan panjangnya sekitar 1 cm. Gigitan laba-laba Brown Recluse dapat menyebabkan rasa sakit  dan membentuk lepuhan dalam 4 sampai 8 jam. Area tubuh yang terluka karena gigitan laba-laba ini akan menjadi berwarna biru kehitaman. Untuk mengobati gigitan laba-laba ini terkadang diperlukan pencangkokan, meskipun sebetulnya jarang menyebabkan luka yang fatal.

Apa saja tanda dan gejalanya?

Rasa sakit akan meningkat sekitar 8 jam setelah terkena gigitan laba-laba Brown Recluse dan akan sembuh kembali dalam jangka waktu satu minggu. Beberapa orang mengalami luka yang berwarna merah kehitaman dan luka ini akan membesar, menyebabkan kulit di sekitarnya akan mati atau yang disebut dengan ulkus. Ulkus  akan berhenti tumbuh dalam waktu 10 hari setelah terkena gigitan laba-laba, namun penyembuhannya memerlukan waktu dalam beberapa bulan.

2. Cara menanganinya

Apa yang harus saya lakukan?

Cucilah bagian tubuh yang terkena gigitan dengan sabun dan air. Kemudian segera kunjungi dokter dan bawalah laba-laba tersebut bersama Anda, di dalam sebuah toples. Laba-laba Brown Recluse ini merupakan jenis laba-laba yang susah dikenali.

Kapan saya harus ke dokter?

Anda harus pergi ke dokter untuk membantu mengobati gigitan laba-laba ini.

3. Pencegahan

Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan agar tidak terkena gigitan laba-laba Brown Recluse.

  • Kenakan kemeja lengan panjang, topi, sarung tangan, dan sepatu boots saat membersihkan kotak penyimpanan atau tumpukan kayu bakar, juga ketika membersihkan gudang, garasi, ruang bawah tanah, loteng dan area sempit lainnya.
  • Periksa dan goyangkan sarung tangan sehingga apapun yng ada di dalamnya dapat keluar. Lakukan hal yang sama sebelum mengenakan sepatu dan pakaian yang kebetulan sudah lama tidak Anda kenakan.
  • Gunakan obat anti serangga,pada pakaian dan alas kaki.
  • Usahakan serangga dan laba-laba tidak masuk rumah dengan cara memasang kelambu pada jendela dan pintu di rumah Anda, atau dengan mendempul/menutup celah atau retakan di mana laba-laba bisa masuk.
  • Buanglah kotak tua, pakaian, dan barang-barang lainnya yang tidak digunakan dari tempat penyimpanan.
  • Simpan barang-barang yang Anda ingin simpan jauh dari lantai dan dinding.
  • Singkirkan tumpukan batu atau kayu dari area di sekitar rumah Anda.
  • Hindari menyimpan kayu bakar di dekat tembok rumah.
  • Sedot laba-laba dan jaring laba-laba dengan vacuum cleaner dan buang dalam kantong tertutup di luar untuk mencegah mereka masuk kembali ke dalam rumah.
Sumber
Yang juga perlu Anda baca