Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Mulut Terasa Seperti Bersabun? Mungkin 6 Hal Ini Penyebabnya

    Mulut Terasa Seperti Bersabun? Mungkin 6 Hal Ini Penyebabnya

    Beberapa orang mungkin pernah mengalami mulut terasa sabun. Apalagi jika sensasinya muncul saat Anda sedang tidak makan apa pun, tentu cukup menganggu. Meski umumnya hilang sendiri, rupanya munculnya rasa sabun di mulut bisa disebabkan oleh masalah kesehatan tertentu.

    Berbagai penyebab rasa sabun di mulut

    Berikut adalah beberapa hal yang membuat Anda merasakan sensasi seperti sabun di mulut, yaitu:

    1. Makanan dan minuman yang terkontaminasi

    sabun cuci tangan antiseptik

    Terkadang rasa sabun yang Anda kecap di mulut memang benar-benar berasal dari sabun itu sendiri. Hal ini bisa terjadi karena proses mencuci yang kurang bersih.

    Misalnya saja Anda mencuci mencuci lalapan dengan sabun namun tidak bersih membilasnya. Akibatnya, rasa sabun yang jauh lebih kuat dibandingkan rasa sayur menjadi tertinggal.

    Sama halnya dengan mencuci piring, gelas, dan peralatan makan lainnya. Ketika tidak bersih dan hendak menggunakannya lagi, sabun yang masih menempel akan dengan mudah tercampur.

    Bahkan, hal ini bisa terjadi jika Anda mengolah makanan dengan tangan sehabis mencuci piring. Sisa sabun di tangan yang belum terbilas dengan sempurna akan dengan mudah tercampur ke dalam makanan yang sedang dibuat.

    2. Makanan tertentu membuat mulut Anda terasa sabun

    manfaat ketumbar adalah herbal

    Ada beberapa jenis makanan tertentu yang bisa mulut Anda terasa seperti memakan sabun. Wortel dan ketumbar adalah makanan yang paling sering menyebabkan sensasi rasa aneh di mulut. Wortel memiliki senyawa yang disebut dengan terpenoid. Akibatnya, rasa sabun di mulut kerap muncul setelah seseorang memakannya,

    Sementara ketumbar membuat mulut terasa seperti sabun karena ada respons genetik yang memengaruhi otak untuk memproses bau. Dikutip dari Medical News Today, varian dalam gen OR6A2 membuat beberapa makanan terutama ketumbar memiliki rasa seperti sabun.

    3. Masalah pada gigi dan mulut

    operasi gigi geraham bungsu

    Biasanya, penyakit gigi dan mulut termasuk gusi menyebabkan rasa sabun atau logam di mulut. Jika hal ini muncul berbarengan dengan masalah seperti sakit gigi, gusi bengkak, dan bau mulut tandanya Anda perlu memeriksakannya ke dokter.

    Selain berbagai masalah gigi dan mulut, mulut terasa sabun juga bisa terjadi apabila Anda jarang menyikat gigi dan membersihkannya. Pasalnya, sisa makanan yang tertinggal lama di mulut bisa menimbulkan sensasi rasa yang aneh termasuk seperti sabun.

    4. Obat-obatan tertentu

    tubuh sudah kebal antibiotik

    Jenis obat tertentu meninggalkan rasa yang menyerupai sabun di mulut. Untuk itu coba perhatikan, apakah sensasi tersebut muncul setelah Anda minum obat? Jika iya, tandanya obat yang barusan Anda minumlah penyebabnya. Salah satu obat yang membuat mulut Anda terasa sabun yaitu televancin.

    Obat yang satu ini termasuk golongan antibiotik untuk mengatasi pneumonia akibat bakteri, infeksi kulit, dan infeksi bakteri Staphylococcus. Selama meminum obat ini, maka selama itu pula Anda akan merasakan sabun di mulut Anda. Anda bisa menghilangkan sensasinya untuk sementara dengan makan makanan manis atau asam sebagai penawarnya.

    5. Stroke atau cedera otak

    gangguan otak dan sistem saraf

    Orang yang mengalami stroke atau cedera otak tak jarang mengalami masalah pada indra pengecapannya. Pasalnya, otak merupakan bagian tubuh yang sangat penting dalam memproses informasi termasuk soal rasa yang dikirimkan oleh sel saraf di lidah.

    Jika otak tidak bisa memproses atau memahami sinyal dengan benar, rasa makanan pun bisa berubah. Itu sebabnya, orang yang mengalami kerusakan otak mungkin saja merasakan sensasi rasa sabun di mulut.

    Kondisi ini bisa bersifat sementara atau jangka panjang. Jika hal ini memengaruhi nafsu makan Anda, segera konsultasikan ke dokter untuk dicari solusinya.

    6. Overdosis flouride

    menelan pasta gigi

    Sodium flouride merupakan salah satu bahan yang terdapat dalam pasta gigi. Flouride membantu mencegah kerusakan gigi dan membangun kembali enamel sebagai pelindung gigi. Selain itu, flouride juga banyak digunakan untuk kebutuhan air minum.

    Dalam kondisi normal, bahan kimia yang satu ini aman digunakan. Sayangnya, jika digunakan secara berlebihan hal ini bisa berbahaya. Overdosis flouride bisa menimbulkan berbagai gejala salah satunya rasa sabun di mulut. Selain itu, kondisi ini juga bisa menyebabkan muntah, diare, hingga iritasi pada kulit.


    Sering sakit gigi atau punya gigi sensitif?

    Yuk gabung Komunitas Gigi Mulut agar kamu bisa tanya dokter atau berbagi cerita bersama member lainnya.


    health-tool-icon

    Kalkulator BMI (IMT)

    Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

    Laki-laki

    Wanita

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Soapy Taste in Mouth: What’s Causing It? https://www.healthline.com/health/soapy-taste-in-mouth. Accessed on March 4th 2019.

    What Causes Soapy Taste in Mouth?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322645.php. Accessed on March 4th 2019.

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Widya Citra Andini Diperbarui Jun 21, 2019
    Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita
    Next article: