Manfaat Eucalyptus untuk Usir Bau Mulut saat Puasa

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Salah satu hal yang harus dilakukan ketika berpuasa adalah menahan rasa haus. Menurunnya asupan cairan saat berpuasa membuat mulut menjadi kering akibat penurunan produksi liur. Hal ini memicu napas menjadi tidak sedap pada orang yang berpuasa. Untuk mengatasinya, selain rutin mengikuti frekuensi sikat gigi yang dianjurkan saat puasa, menggunakan produk dengan kandungan ekstrak eucalyptus juga mampu membantu masalah ini. Ada beberapa cara bagaimana eucalyptus mengusir bau mulut yang sudah dirangkum untuk Anda.

Manfaat ekstrak eucalyptus untuk usir bau mulut

Banyak hal yang bersumber dari alam memiliki manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya adalah penggunaan ekstrak eucalyptus yang umumnya diambil dari daun pohon eucalyptus.

Ekstrak ini telah digunakan secara luas sebagai bahan utama dan komposisi aktif untuk obat dan produk kesehatan, seperti kandungan ekstrak eucalyptus pada pasta gigi sensitif atau biasa.

Dalam sebuah produk pasta gigi, banyak bahan-bahan berbeda yang digunakan agar pengguna mendapatkan manfaat-manfaat produk tersebut. Contoh umumnya adalah pasta gigi sensitif yang mengandung potassium nitrat dan ekstrak herbal. Kandungan potassium nitrat berguna untuk mengurangi rasa ngilu dan ekstrak eucalyptus sebagai bahan penyegar untuk pasta gigi tersebut.

Kandungan ekstrak eucalyptus mengusir bau mulut dengan cara membuat dalam mulut menjadi dingin sehingga napas menjadi lebih segar. Sebagai penyegar rasa, ekstrak ini membuat indra perasa lebih mengecap rasa yang segar saat menyikat gigi, bukan mengecap rasa kimiawi yang menyusun pasta gigi tersebut.

Kemudian, kandungan ekstrak ini juga memiliki sifat antibakteri. Karakteristik ini mampu melawan bakteri yang memicu napas tidak sedap. Oleh karena itu, ekstrak eucalyptus bermanfaat untuk usir bau mulut.

Manfaat ekstrak eucalyptus untuk kesehatan mulut

Menyambung pembahasan tentang sifat antibakteri pada ekstrak eucalyptus, ternyata ekstrak tanaman ini juga memiliki segudang kegunaan untuk kesehatan gigi.

Melindungi area mulut dari kuman

Tak hanya menyegarkan napas, ekstrak ini mampu melawan kuman-kuman yang membentuk plak di gigi. Beberapa penyakit gigi yang umum terjadi, seperti pembusukan gigi (karies) dan radang gusi (gingivitis) dipicu oleh plak.

Sejumlah penelitian menyimpulkan bahwa kandungan ekstrak ini mampu melawan aktivitas bakteri di mulut. Salah satu caranya dengan mengubah karakteristik dinding bakteri.

Bukti penggunaan ekstrak ini untuk melawan bakteri juga dibuktikan dengan beberapa produk larutan pencuci mulut yang memanfaatkan ekstrak ini.

Menghambat bakteri karies gigi

Selain untuk mengusir bau mulut, ekstrak eucalyptus mampu menghambat kuman penyebab karies. Sebuah penelitian yang berjudul Essential oils, their therapeutic properties, and implication in dentistry: A review menyimpulkan bahwa ekstrak ini menghambat salah satu jenis laktobasilus, yakni lactobacillus acidophilus. Bakteri tersebut berkaitan dengan pembusukan pada gigi.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Walaupun sedang tidak mengalami penyakit gigi dan mulut, kebersihan mulut tetap harus dijaga. Menggunakan produk kesehatan gigi dan mulut berbahan ekstrak eucalyptus disimpulkan juga turut mencegah risiko terserang penyakit mulut.

Bahkan, sebuah penelitian menyarankan penggunaan produk gigi dan mulut harian yang mengandung eucalyptus mampu menghambat pembentukan plak gigi.

Manfaat ekstrak eucalyptus untuk kesehatan

Selain mengusir bau mulut dan menjaga kesehatan mulut, ekstrak eucalyptus juga memiliki segudang kegunaan untuk kesehatan. Menurut studi yang berjudul A Review Onphytochemical and Pharmacological of Eucalyptus Globulus: A Multipurpose Tree, eucalyptus memiliki potensi untuk mengobati diabetes karena dapat menurunkan kadar gula darah.

Kemudian, ekstrak ini kerap digunakan pada obat tradisional untuk mengatasi masalah pernapasan, seperti asma dan bronkitis. Selalu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan ekstrak eucalyptus untuk masalah kesehatan.

Singkatnya, ekstrak eucalyptus berguna untuk usir bau mulut saat berpuasa. Kemanjurannya juga tak sekadar membuat napas menjadi segar, tetapi juga menjauhkan penyakit gigi dan mulut atau beberapa masalah kesehatan lainnya. Ekstrak ini juga sudah umum dipakai pada produk-produk kebersihan gigi dan mulut, seperti pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Untuk Apa Rutin Melakukan Scaling Gigi? Ketahui Prosedur dan Manfaatnya

Scaling gigi adalah perawatan untuk membersihkan karang gigi. Selain itu, scaling juga memiliki manfaat lainnya. Apa sajakah manfaat scaling gigi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Perawatan Gigi, Gigi dan Mulut 4 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Gigi Goyang

Gigi goyang adalah masalah gigi yang umum. Cari tahu gejala, penyebab, pengobatan, serta cara mengontrol dan mencegah %%title%% di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut 2 Januari 2021 . Waktu baca 13 menit

Maloklusi (Gigi Berantakan)

Maloklusi adalah gangguan pada tulang rahang yang menyebabkan gigi berantakan,entah itu jadi tumpang tindih, bengkok, atau gigi tonggos (overbite).

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Gigi, Gigi dan Mulut 29 Desember 2020 . Waktu baca 11 menit

Karang Gigi

Karang gigi adalah plak yang mengeras di gigi. Cari tahu gejala, penyebab, diagnosis, pengobatan dan cara pencegahan di sini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Gigi, Gigi dan Mulut 29 Desember 2020 . Waktu baca 13 menit

Direkomendasikan untuk Anda

anak mulai menyikat gigi

Di Usia Berapa Sebaiknya Anak Mulai Menyikat Gigi? Ternyata Begini Anjurannya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
bedah mulut

Berbagai Prosedur Bedah Mulut yang Perlu Diketahui, Kapan Perlu Anda Lakukan?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Satria Aji Purwoko
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
bau mulut pada anak

9 Penyebab Bau Mulut pada Anak dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 7 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
gigi susu anak apakah akan tanggal semua

Mulai Kapan Gigi Susu Anak Copot? Apakah Pasti Akan Copot Semua?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit