Biasanya orang yang menghabiskan 80% kegiatan sehari-harinya duduk di depan layar komputer, cenderung mengalami gejala sakit punggung. American Chiropractic Association menyatakan kalau sakit punggung sering lebih banyak dialami oleh wanita dibandingkan pria. Jika diabaikan begitu saja, sakit punggung bisa melemahkan otot-otot secara permanen, lho. Apa saja gejala sakit punggung yang tidak boleh diabaikan?

5 gejala sakit punggung yang tidak boleh diabaikan

1. Sakit punggung yang menjalar ke bagian paha

Jika Anda merasakan adanya rasa sakit nyeri dari punggung yang menjalar ke bagian paha atau pantat, hal tersebut bisa berupa gejala iritasi pada saraf tubuh bagian belakang (sciatica). Meskipun rasa sakit pada bagian punggung itu bisa hilang dengan sendirinya, namun iritasi saraf bagian punggung bisa menyebabkan mati rasa, kesemutan, dan bahkan melemahkan otot-otot.

Charla Fisher, M.D, dokter spesialis ortopedi di New York, mengatakan bahwa gejala ini masih bisa diatasi dengan pengobatan seperti pijat, terapi fisik, untuk mengembalikan kekuatan tulang belakang dan latihan peregangan setiap hari guna mengurangi gejala sakit punggung.

2. Sakit punggung sampai menyebabkan pincang

Jika gejala sakit punggung yang Anda rasakan sampai membuat salah satu kaki terasa lemah atau pincang, maka Anda harus segera memeriksakan ke dokter. Dikhawatirkan hal ini terjadi akibat adanya kerusakan saraf yang berada di bagian punggung bawah hingga kedua kaki Anda. Jika Anda mengabaikannya, Anda bisa berisiko mengalami kelemahan otot permanen.

3. Keseimbangan tubuh berkurang

Fischer memperingatkan bagi Anda yang punya gejala sakit punggung, ditambah tubuhnya sering merasa tidak seimbang, hal tersebut harus segera diperiksakan ke dokter.

Fischer juga menyarankan untuk menemui terapis bagi Anda yang mulai tergangu dengan menurunnya keseimbangan tubuh. Terapis diperlukan guna mencegah jika sewaktu-waktu Anda terjatuh, Anda akan diajari cara mencegah dan jatuh yang aman tanpa harus menimbulkan masalah atau kerusakan lain pada tubuh.  

4. Sakit punggung disertai gangguan berkemih dan buang air besar

Nyeri atau tidak nyaman dari punggung yang hebat ditambah dengan gangguan pencernaan atau kandung kemih bisa menjadi tanda dari sindrom cauda equina. Kondisi ini terjadi ketika adanya tekanan pada saraf di bagian bawah sumsum tulang belakang yang terhubung ke organ panggul Anda. Gejala ini umumnya cukup serius, sehingga membutuhkan operasi atau pembedahan sesegera mungkin.

5. Sakit punggung yang berimbas pada kondisi tubuh lainnya

Dalam beberapa kasus, Fischer mengatakan bahwa seluruh tubuh pasien mulai merespon rasa sakit akibat nyeri pada punggung mereka. Bermacam-macam responnya, kadang bisa disertai dengan demam, menggigil, atau berkeringat di malam hari.

Kondisi tersebut bisa menjadi tanda kalau seluruh tubuh mengalami peradangan atau reaksi terhadap sesuatu yang salah. Sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke tempat pelayanan kesehatan setempat.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca