Mulut adalah suatu rongga terbuka tempat masuknya makanan dan air. Mulut biasanya terletak di kepala dan umumnya merupakan bagian awal dari sistem pencernaan lengkap yang berakhir di anus. Mulut sendiri terdiri dari gigi dan lidah. Penasaran apa saja fakta menarik mengenai mulut manusia selain menjadi tempat Anda mengeluarkan kata-kata? Berikut ulasannya.

7 fakta unik mengenai mulut Anda

1. Ludah mampu melindungi Anda dari dehidrasi

Ludah adalah zat berbahan air yang kental dan melapisi seluruh bagian mulut serta memiliki beberapa fungsi lainnya. Ludah utamanya dirancang untuk melindungi organ-organ dalam mulut dari bahaya dehidrasi sekaligus membantu pencernaan.

Fungsi pencernaan dijalankan menggunakan suatu enzim bernama amilase yang membantu meluruh karbohidrat. Karbohidrat sendiri merupakan unsur kimia dalam tubuh manusia yang ternyata terdapat juga dalam beberapa bagian tubuh kita.

2. Gigi terbuat dari bahan terkuat pada tubuh

Gigi terbuat dari bahan enamel, yang merupakan zat terkuat dalam tubuh dan bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu zat terkuat di planet ini. Jadi jangan heran kalau kebanyakan peralatan dokter gigi tampak seperti perkakas canggih berdaya tinggi, karena memang harus berurusan dengan benda yang sangat kuat.

3. Lidah, gabungan empat otot

Otot adalah organ berdaging yang memiliki fungsi menggerakan kerangka yang lunglai. Otot hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Secara khusus, lidah merupakan salah satu yang paling kompleks dan unik pada tubuh.

Lidah sebenarnya terdiri dari empat otot berbeda, masing-masing bertugas melakukan satu tindakan. Kombinasi empat otot ini menghasilkan begitu banyak gerakan rumit yang diperlukan untuk berbicara, makan, dan menelan. Lidah membentuk dasar bagi praktik fonetik, pengulangan bahasa, dan gerakan-gerakan unik lain yang dipelajari seseorang melalui latihan.

4. Secara virtual, mulut bersatu dengan mata dan hidung

Sebenarnya, mulut manusia terhubung dengan hidung dan dua mata. Namun demikian, jangan membayangkan bahwa Anda bisa begitu saja menggelindingkan gundu dari satu rongga ke rongga lainnya.

Secara lebih tepat, mulut, hidung, dan mata sama-sama berbagi beberapa rangkaian rumit kelenjar, saluran, dan bukaan. Semuanya bermuara ke dua sistem utama, yaitu sistem pencernaan yang menuju ke lambung, dan sistem pernafasan yang mengarah ke tenggorokan.

5. Lidah dilapisi ribuan bintik pengecap

Lidah manusia dilapisi ribuan bintik pengecap. Secara rata-rata, seseorang yang dewasa memiliki lebih dari 10.000 bintik pengecap melapisi permukaan atas lidahnya. Secara mikroskopis, bintik-bintik ini lebih mirip seperti jamur dengan ujung-ujung syaraf mengumpul di puncaknya.

Dengan berjalannya waktu, ujung-ujung syaraf ini mati dan orang menjadi kurang peka dengan rasa. Hal ini menjelaskan mengapa orang lebih tua menurun selera makannya dan anak kecil bisa sangat menikmati rasa manis yang biasa saja bagi mereka yang sudah berumur.

6. Mulut terdiri dari rangkaian otot-otot

Sebenarnya, terdiri dari apakah mulut Anda? Sukar dipercaya, bahwa selain struktur tulang dari tengkorak dan rahang bawah, mulut hanyalah beberapa rangkai otot yang terbungkus kulit dan selaput.

Lihatlah sekilas dalam buku anatomi dan tampak begitu banyaknya otot yang membentuk wajah manusia. Tiap-tiap otot bertanggung jawab atas gerakan tertentu mulut Anda, termasuk meniup, bersiul, mengunyah, dan bahkan cemberut. Jika otot-otot dan rahang terkunci dalam posisi tertentu mengalami dislokasi, maka Anda harus berurusan dengan dokter.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca