Psoriasis merupakan salah satu masalah kulit yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Perawatan psoriasis perlu dilakukan untuk membantu menenangkan dan mengurangi peradangan kulit agar psoriasis tidak memburuk. Salah satu hal yang dapat memengaruhi psoriasis sekaligus dapat membantu penyembuhan atau malah dapat membuat psoriasis memburuk adalah cuaca. Bagaimana efek cuaca pada psoriasis?

Apa itu psoriasis?

Sebelum mengetahui bagaimana efek cuaca pada psoriasis, sebaiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa itu psoriasis. Psoriasis merupakan salah satu penyakit autoimun yang mengubah siklus hidup sel-sel kulit. Orang dengan psoriasis mempunyai siklus pertumbuhan dan pergantian kulit yang lebih cepat. Akibatnya, sel-sel kulit menumpuk pada permukaan kulit, membuat kulit menjadi lebih tebal, timbul, bersisik keperakan, bercak berwarna merah kering, kulit meradang, dan terkadang menyakitkan.

Bagian kulit yang biasanya terkena psoriasis adalah bagian siku luar, lutut, kulit kepala, dan kuku. Biasanya psoriasis diderita oleh orang dewasa, baik pria maupun wanita. Sedangkan anak kecil, terutama yang di bawah 10 tahun, biasanya tidak pernah mengalami psoriasis.

Bagaimana efek cuaca pada psoriasis?

Cuaca dapat membuat psoriasis bertambah buruk atau sebaliknya dapat membantu penyembuhan psoriasis. Hal ini tampaknya berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh Anda. Sistem kekebalan tubuh Anda bisa menunjukkan reaksi yang berbeda tergantung dari cuaca, di mana tempat Anda tinggal.

Efek cuaca panas pada psoriasis

Cuaca panas sebenarnya bisa membantu penyembuhan psoriasis bila dimanfaatkan dengan baik. Adanya sinar matahari alami yang mengandung sinar UV (terutama UVB) dan cuaca yang lebih hangat dapat membantu meringankan gejala psoriasis. Sinar matahari dapat bertindak sebagai imunosupresif yang menekan kerja sistem imun, sehingga pertumbuhan kulit menjadi agak lebih lambat.

Namun, bukan berarti Anda harus terus-terusan mengekspos kulit Anda ke sinar matahari. Terlalu lama menghabiskan waktu di bawah sinar matahari justru dapat membuat kerusakan kulit bertambah parah.

Sinar UVA dapat menyebabkan kerusakan kulit, seperti kulit keriput, kerusakan pembuluh darah, kulit kendur, dan bercak kulit. Sedangkan, sinar UVB dapat menyebabkan kulit terbakar dan dapat meningkatkan risiko kanker kulit melanoma.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda disarankan untuk berjemur di bawah sinar matahari dalam waktu singkat setiap hari, 5-10 menit sudah cukup untuk Anda. Jangan lupa mengoleskan tabir surya di daerah kulit yang tidak terkena psoriasis sebelum Anda berjemur agar Anda terhindar dari kerusakan kulit dan kanker. Serta, pakailah pakaian yang terbuat dari katun agar lebih mudah menyerap keringat dan mencegah Anda dari gatal pada kulit.

Efek cuaca dingin pada psoriasis

Kebalikan dari cuaca panas, cuaca dingin justru dapat membuat psoriasis makin memburuk. Pada saat cuaca sedang dingin, terjadi penurunan kelembaban dan suhu menjadi lebih dingin. Akibatnya, kulit Anda akan lebih kering. Sinar UVB dari matahari yang bisa dimanfaatkan untuk penyembuhan psoriasis pun menjadi berkurang saat cuaca dingin. Hal ini membuat psoriasis bisa makin memburuk.

Agar psoriasis tidak semakin memburuk di cuaca dingin, sebaiknya jaga kelembaban kulit Anda dengan baik. Pakailah krim pelembab kulit untuk mencegah kulit Anda dari kekeringan. Kelembaban kulit sangat penting untuk menenangkan kulit psoriasis.

Humidifier mungkin juga dibutuhkan untuk menjaga kelembaban ruangan, khususnya kamar tidur. Kelembaban ruangan juga perlu dijaga agar kulit Anda tidak kering. Menempatkan tanaman hidup di ruangan Anda juga dapat membantu dalam meningkatkan kelembaban ruangan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca