Handphone (HP) alias ponsel sudah menjadi bagian dari kehidupan banyak orang. Hampir sebagian besar orang tidak bisa terlepas dari HP, mungkin termasuk Anda. Namun hati-hati, HP juga dapat memberi dampak buruk pada kehidupan Anda. Bahkan, ada sebuah penelitian yang telah membuktikan bahwa terdapat dampak suara HP pada bayi dalam kandungan.

Dampak suara HP pada bayi dalam kandungan

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa terdapat dampak suara HP pada bayi. Suara HP (dering dan getar) yang dekat dengan perut ibu hamil dapat membuat bayi terkejut dan mengganggu bayi saat ia tidur dalam rahim.

Penelitian ini melaporkan bahwa semua janin yang berusia antara 27 dan 41 minggu kehamilan menunjukkan reaksi yang mengejutkan saat mendengar suara HP. Janin menunjukkan reaksi seperti kepala bergerak, mulut terbuka, atau mata berkedip. Tak hanya itu, peneliti juga melaporkan bahwa suara HP yang diperdengarkan berulang kali ke bayi menunjukkan reaksi bayi yang menurun.

Ini merupakan sebuah penelitian kecil yang ingin mengetahui apa reaksi janin terhadap dering dan getar HP yang berulang. Oleh karena itu, penelitian ini pun belum bisa memastikan apakah dampak suara HP pada bayi dapat menjadi besar. Penelitian lebih lanjut mungkin harus dilakukan untuk memperkuat penelitian ini.

Penelitian ini juga belum bisa menjelaskan apakah bayi yang terkejut karena dering dan getar ponsel bisa berdampak pada kesehatan kehamilan dan janin. Walau begitu, penelitian ini memastikan bahwa siklus aktivitas janin normal dapat terganggu karena seringnya ia mendengar dering atau getar handphone. Peneliti dalam penelitian ini pun menyarankan agar wanita hamil tidak membawa HP di dekat perut mereka.

Bagaimana kemampuan mendengar bayi saat masih dalam kandungan?

Sekitar usia kehamilan 6 minggu, sel-sel dalam kepala janin sudah mulai berkembang dan mulai mengatur diri untuk membentuk otak, wajah, mata, telinga, dan hidung. Kemudian, pada usia kehamilan 23-27 minggu, bayi dalam kandungan sudah mulai bisa mendengar.

Suara yang paling jelas ia dengar dalam rahim adalah suara detak jantung Anda. Bahkan, ini dapat memberi efek menenangkan pada bayi. Selain suara detak jantung Anda, bayi juga sudah mulai bisa mendengar beberapa hal yang terjadi di sekitar Anda.

Pada awalnya, bayi akan mendengar suara bernada rendah dari dalam tubuh Anda, seperti suara tubuh Anda saat memompa darah dalam pembuluh darah, suara perut Anda, dan suara napas Anda. Kemudian, pada usia kehamilan sekitar 29-33 minggu, bayi sudah mulai bisa mendengarkan suara bernada tinggi yang berasal dari luar tubuh Anda, seperti suara alarm mobil atau suara dering HP Anda yang kencang.

Kemampuan mendengar bayi yang terus berkembang seiring dengan usia kehamilan yang mendekati waktu lahir membuat bayi lebih mungkin untuk bisa mendengar suara yang dihasilkan dari HP yang Anda pegang. Untuk itu, sebaiknya jauhkan HP dari perut Anda saat usia kehamilan mulai bertambah, dan juga atur suara HP Anda dengan volume lebih kecil.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca