Pangeran Harry, Putri Diana dan Isu Kesehatan Mental di Kerajaan Inggris

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro

Kabar mundurnya Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, dari struktur senior Kerajaan Inggris membuat dunia terkejut. Muncul kabar, salah satu pemicu keputusan ini adalah Pangeran Harry  takut kesehatan mentalnya akan terganggu jika berlama-lama berada di keluarga kerajaan Inggris. 

Walaupun sebagian besar masyarakat menyayangkan pilihan tersebut, tidak sedikit pula yang mendukung pilihan pangeran yang pernah aktif di militer selama 10 tahun ini. Lalu, apa sebenarnya yang menjadi isu kesehatan mental di keluarga kerajaan Inggris?

Isu kesehatan mental yang menerpa keluarga kerajaan Inggris

Sumber: Commons Wikimedia

Sebelumnya, isu kesehatan mental yang menerpa keluarga kerajaan Inggris juga pernah terjadi pada Diana Spencer atau lebih dikenal dengan panggilan putri Diana. Dahulu, Diana pernah mengaku dalam sebuah rekaman untuk biografinya bahwa ia mengalami tekanan secara emosional dari pernikahannya, pernah mencoba untuk bunuh diri dan menderita bulimia. 

Bulimia merupakan gangguan pola makan yang membuat penderitanya mengonsumsi makanan dalam jumlah besar dan tidak dapat berhenti. Akan tetapi, karena takut akan mengubah bentuk tubuhnya, penderitanya kemudian mencoba untuk memuntahkan isi perut mereka dan hal ini terjadi berulang kali. 

Setelah pengakuan dari Putri Diana, terdapat sebuah studi yang menunjukkan adanya peningkatan drastis dari orang-orang yang mengidap bulimia dan disebut sebagai ‘efek Diana’.

Sumber: Commons Wikimedia

Baru-baru ini, dunia kembali dikejutkan dengan kabar Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, akan angkat kaki dari keluarga kerajaan Inggris. Pernyataan ini kemudian dimuat di sejumlah media di Inggris. 

Pangeran Harry mengungkapkan bahwa ia khawatir kesehatan mentalnya akan memburuk jika ia tidak mundur sebagai anggota di keluarga kerajaan. Duke of Sussex tersebut juga menambahkan, terdapat masalah dengan anggota kerajaan lainnya sebelum pengumuman yang mengejutkan ini dirilis. 

Isu kesehatan mental sangat jadi perhatian bagi Harry. Dia selama ini dikenal sebagai sosok yang vokal terkait isu kesehatan mental. Dalam beberapa tahun terakhir, bersama kakaknya, Pangeran William, dia aktif di organisasi bernama Heads Together. 

Organisasi itu ingin mendorong orang-orang di seluruh dunia untuk lepas dari jeratan penyakit mental lewat bercerita. Dalam sebuah video, Pangeran Harry, Pangeran William dan istrinya Kate Middleton bercerita soal kisah hidup mereka dan sejumlah masalah mental yang mereka hadapi.

Lewat video itu, mereka ingin menunjukkan bahwa bercerita tanpa merasa takut dihakimi bisa membuat hidup lebih baik. Hal itu juga jadi membuat orang lebih percaya diri dan bisa menumbuhkan rasa saling mendukung di lingkungan keluarga dan teman.

Apa itu kesehatan mental?

perawatan gangguan mental pria

Seperti yang dilansir dari laman Medline Plus, kesehatan mental termasuk kesehatan emosional, psikologis, dan sosial seseorang. Kesehatan mental memberikan pengaruh bagaimana Anda berpikir dan bertindak. 

Selain itu, hal ini juga berdampak pada perilaku Anda ketika menghadapi stres, berhubungan dengan orang lain, dan membuat pilihan. Kesehatan mental sangat penting dalam setiap tahapan kehidupan, yaitu mulai dari masa kanak-kanak, remaja, hingga dewasa. 

hari kerja kesehatan mental

Selain memengaruhi emosi dan perilaku Anda, kesehatan mental juga membantu dalam beberapa hal, seperti:

  • Mengatasi tekanan hidup
  • Membuat tubuh lebih sehat
  • Berhubungan baik dengan orang lain
  • Produktif bekerja
  • Menyadari potensi diri sendiri

Maka itu, selain untuk diri sendiri, ternyata kesehatan mental yang juga memberikan dampak terhadap orang lain dan lingkungan sekitar. 

Tips menjaga kesehatan mental

Di mata publik mungkin menjadi anggota salah satu keluarga kerajaan terbesar di dunia adalah impian. Bagaimana tidak, kehormatan dan harta dari gelar bergengsi tersebut menjadi impian banyak orang. 

Faktanya, banyak faktor yang membuat beberapa anggota keluarga kerajaan Inggris menghadapi masalah kesehatan mental, seperti Putri Diana dan Pangeran Harry. 

Maka itu, penting sekali untuk menjaga kesehatan mental agar tidak memengaruhi kondisi fisik dan emosi Anda ketika berada di bawah tekanan maupun tidak. 

senam yoga untuk mengatasi gejala gangguan jiwa

Ini dia beberapa tips menjaga kesehatan mental yang mungkin dapat membantu Anda. 

  • Memperlakukan dan menghormati diri sendiri
  • Menjaga kesehatan tubuh, seperti makan makanan bergizi dan aktif berolahraga
  • Hidup dikelilingi oleh orang-orang yang menyayangi Anda
  • Membantu orang lain yang membutuhkan
  • Mempelajari bagaimana menghadapi stres dan masalah dengan baik
  • Berpikiran jernih dan realistis
  • Meminta bantuan kepada orang lain 

Isu kesehatan mental yang dihadapi oleh anggota keluarga kerajaan Inggris adalah satu dari sekian banyak kasus terkait kesehatan mental di dunia. Jika Anda tidak yakin harus berbuat apa, mungkin sudah saatnya untuk meminta bantuan kepada ahlinya atau orang lain agar efeknya tidak semakin parah.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Januari 14, 2020 | Terakhir Diedit: Januari 20, 2020

Yang juga perlu Anda baca