Bahaya Dry Ice yang Dicampurkan ke Kolam Renang, Bisa Sebabkan Kematian

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 06/03/2020
Bagikan sekarang

Tiga orang meninggal dalam sebuah pool party di Moscow Rusia karena air kolam renang dicampur dengan dry ice atau es kering. Sebanyak 25 kg dry ice dicampurkan ke kolam renang tanpa terpikirkan bahaya dan efeknya lebih jauh.

Petaka ini terjadi di pesta selebgram bernama Yekaterina Didenko yang juga seorang apoteker bersertifikat yang sedang merayakan ulang tahun ke-29.

Bagaimana petaka ini terjadi dan kenapa dry ice bahaya?

bahaya dry ice

Didenko, tuan rumah pesta ini memesan 25 kg dry ice untuk dicampurkan ke dalam kolam renang, tempat pesta diselenggarakan.

Melansir The Moscow News tujuan mencampurkan dry ice ini ke kolam renang dimaksudkan untuk membuat kabut-kabut di atas air dan menciptakan efek awan yang berputar-putar. Namun informasi lain diketahui 25 kg dry ice itu dipesan dan dicampurkan ke kolam renang karena para tamu mengeluhkan air kolam yang terasa hangat.

Setelah dry ice itu ditumpahkan ke kolam renang, para tamu langsung menceburkan diri ke dalam kolam tanpa mengetahui bahaya yang mengintai mereka. Saat itu juga mereka yang berenang langsung merasa tercekik dan beberapa tidak sadarkan diri. 

Akibat kejadian itu, empat orang menjalani perawatan karena menderita luka bakar dan keracunan kimia. Dua orang tewas di tempat kejadian sementara satu orang lain meninggal di rumah sakit.  Suami Didenko adalah satu satu dari korban meninggal tersebut.

Hasil penyelidikan awal menunjukkan penyebab kematian karena lemas dan kekurangan oksigen.

Kenapa Dry Ice bisa bahaya?

dry ice bisa berbahaya

Terlepas dari namanya ‘es kering’, dry ice adalah karbon dioksida (CO2) yang dipadatkan. CO2 ini bertekanan pada suhu yang sangat rendah yakni -78°C (-109 ° F) sehingga menjadi sangat dingin.

Ketika dibawa ke suhu normal, es karbon dioksida ini tidak meleleh menjadi cair, tapi dia akan berubah dari bentuk padat kembali menjadi gas. Proses ini disebut sebagai sublimasi.

Departemen Kesehatan New York mengatakan bahwa dry ice bisa menjadi bahaya yang sangat serius di ruang kecil yang tidak berventilasi baik. Ketika ‘es’ ini menyublim, gas karbon dioksida akan menumpuk membuat orang menghirup gas dalam jumlah banyak dan bahaya. 

Ketika gas karbon dioksida itu terhirup oleh manusia maka berpotensi menyebabkan sakit kepala dan kesulitan bernapas, serta mual dan muntah. Dalam kasus-kasus ekstrem, paparan berlebih dapat menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran, dan dalam beberapa kasus menyebabkan kematian.

Insiden kematian karena dry ice ini juga pernah terjadi pada tahun 2008. Peristiwa ini menimpa seorang perempuan dan ibu mertuanya. Perempuan bersama mertuanya ini membawa empat kantong es kering di kursi belakang mobil untuk diantar ke suaminya yang berjualan es krim. 

Kedua perempuan ini ditemukan tidak sadarkan diri di dalam mobilnya karena kekurangan oksigen. Dalam insiden mengenaskan ini sang ibu mertua yang berusia 77 tahun tidak berhasil diselamatkan, ia dinyatakan meninggal karena terlalu banyak menghirup gas dari dry ice. 

Nah, dalam kasus percampuran dry ice dan air di kolam renang ini, molekul air di dalam kolam renang berada pada suhu lebih tinggi daripada CO2 beku. Jadi ada proses tabrakan pengiriman energi dari air dan es kering, dry ice mendinginkan air disaat air menghangatkan dry ice. Karena itu maka molekul karbon dioksida berbentuk es ini bergerak dan berubah ke bentuk gas lebih cepat.

Berikut beberapa bahaya memasukan dry ice ke kolam renang:

  • Dry Ice Frostbite (radang dingin): CO2 beku ini sangat dingin, jika berkontak bisa menyebabkan luka bakar yang dapat membunuh jaringan sel. Bagian terburuknya hanya perlu beberapa detik kontak untuk bisa terbakar.
  • Asfiksia : Seperti yang sudah dijelaskan dry ice akan berubah bentuk menjadi gas CO2. Meskipun gas itu tidak beracun tapi kandungan CO2 akan mengganggu komposisi udara. Pasokan oksigen terbatas dan akan menyebabkan kesulitan bernafas.
  • Bahaya Ledakan: Dry ice tidak mudah meledak atau terbakar, tapi memberikan banyak tekanan karena berubah menjadi gas. Jika Anda menempatkan es kering dalam wadah tertutup di dekat kolam renang, ada kemungkinan wadah itu meledak. Ledakan CO2 yang beku menghasilkan suara keras, kepingan es dan wadah yang hancur bisa mental dan melukai orang disekitarnya.

Menggunakan dry ice aman

Dry Ice

Ketika disimpan dan digunakan sesuai petunjuk, es kering tidak bahaya dan dapat membuat beberapa trik pesta yang cukup keren.

Berikut hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan dry ice:

  • Pesan dry ice dengan jumlah dan ukuran sesuai yang bisa digunakan dalam jumlah wajar. Karena dry ice ukuran besar sangat berbahaya untuk dipotong.
  • Kenakan sarung tangan saat menyentuh dry ice, pakai kacamata pengaman atau pelindung wajah jika ingin memotongnya.
  • Simpan dry ice dalam wadah yang memiliki lubang untuk memungkinkan gas keluar sehingga saat es berubah bentuk tidak menyebabkan tekanan dalam wadah. 
  • Hindarkan dari jangkauan anak-anak
  • Jangan mencoba memakan atau menelan dry ice.

Dari kejadian ini bisa digaris bawahi bahaya dari menggunakan bahan kimia, termasuk menggunakan dry ice, di luar dari kegunaan umum yang sarankan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

8 Cara Cepat Mengobati Sesak Napas Pada Anak

Sesak napas sering kali membuat anak tak berdaya karena sulit bernapas lega. Tapi tunggu dulu. cara mengobati sesak nafas pada anak tak boleh sembarangan.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Asma, Health Centers 02/11/2019

Buang-Buang Air Terus Sehabis Berenang, Apa Penyebabnya?

Berenang menyehatkan, tapi bisa juga membuat Anda sakit. Jika Anda tiba-tiba diare setelah berenang padahal tadinya sehat, ternyata ini penyebabnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Awas! Ini Bahayanya Menelan Air Kolam Renang

Walaupun tampak bersih, air kolam renang sebenarnya tidak terbebas dari sumber penyakit. Inilah bahayanya jika Anda menelan air kolam renang.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu

Baru Menderita Asma Setelah Dewasa, Apa Penyebabnya?

Penyakit asma biasanya ditemukan saat masih anak-anak. Namun, tak jarang asma baru muncul ketika Anda dewasa. Ketahui penyebab asma di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Asma, Health Centers 22/11/2018

Direkomendasikan untuk Anda

Latihan pernapasan asma

Teknik Latihan Pernapasan untuk Mengurangi Gejala Asma

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 11/05/2020
obat sesak nafas anak

Pilihan Obat Sesak Napas yang Aman dan Manjur untuk Anak

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 21/11/2019
penyebab sesak napas nafas pada anak

8 Ragam Penyebab Sesak Napas Pada Anak yang Perlu Orangtua Waspadai

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 17/11/2019
cara mengatasi sesak nafas napas

5 Cara Mengatasi Sesak Napas yang Terbukti Ampuh dan Cepat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 15/11/2019