Definisi

Apa itu analisa gas darah?

Analisa gas darah (AGD) dapat digunakan untuk mengukur pH dan kadar oksigen dan karbondioksida pada darah dari arteri. Tes ini dapat melihat kemampuan paru-paru untuk mengirim oksigen ke dalam darah dan mengeluarkan karbondioksida dari darah. Pada tes ini, darah diambil dari pembuluh nadi atau arteri. Beberapa tes darah lainnya menggunakan sampel darah dari pembuluh vena, setelah darah melewati jaringan-jaringan di mana oksigen dipakai dan karbondioksida diproduksi.

Kapan saya harus menjalani analisa gas darah?

Kadar oksigen dan tingkat pernapasan dapat mengindikasi seberapa tingkat oksidasi darah, namun analisis gas pada darah dapat memberikan pengukuran yang lebih tepat.

Keseimbangan pH pada darah dan kadar oksigen dan karbondioksida dapat mengindikasikan bagaimana paru-paru dan ginjal Anda berfungsi. Identifikasi ketidakseimbangan pada pH dan gas darah dapat memberikan peringatan awal bagaimana tubuh Anda mengatasi penyakit.

Dokter akan melakukan analisa gas darah jika dokter menduga Anda mengalami kondisi-kondisi seperti:

  • penyakit paru-paru
  • penyakit ginjal
  • penyakit metabolisme
  • cedera pada kepala dan leher yang mempengaruhi pernapasan

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani analisa gas darah?

Hasil analisa gas darah (AGD) saja tidak memberikan cukup informasi untuk mendiagnosis penyakit. Sebagai contoh, AGD tidak dapat menentukan apakah kadar yang rendah disebabkan oleh paru-paru atau jantung. Hasil analisa gas darah digunakan bersamaan dengan hasil pemeriksaan dan tes lainnya.

Tes AGD pada umumnya dilakukan pada pasien yang menderita cedera atau penyakit parah. Tes ini dapat mengukur seberapa baik paru-paru dan ginjal bekerja dan seberapa baik tubuh menggunakan tenaga.

Tes AGD paling efektif digunakan pada saat laju pernapasan meningkat atau menurun atau saat pasien memiliki kadar gula darah (glukosa) yang tinggi, infeksi parah atau gagal jantung.

Jika beberapa sampel darah diperlukan, tabung tipis (arterial catheter) dapat ditempatkan pada arteri. Darah dapat diambil pada saat dibutuhkan.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani analisa gas darah?

Informasikan dokter apabila Anda:

  • pernah memiliki masalah perdarahan atau mengonsumsi pengencer darah seperti aspirin atau warfarin (Coumadin)
  • sedang mengonsumsi obat-obatan
  • slergi terhadap obat, seperti anestesi

Jika Anda sedang menjalani terapi oksigen, oksigen harus dihentikan 20 menit sebelum tes darah. Kondisi ini disebut tes “room air”. Namun jika Anda tidak dapat bernapas, oksigen tidak perlu dihentikan. Konsultasikan dengan dokter tentang perhatian khusus terhadap tes, risiko, bagaimana tes akan dilakukan, atau hasil dari tes.

Bagaimana proses analisa gas darah?

Tes ini memerlukan sampel darah sebanyak 2 ml. Darah dapat diambil dari pembuluh nadi di pergelangan tangan, lengan, atau pangkal paha. Penyedia medis Anda akan mengaplikasikan alkohol atau antiseptik pada kulit, kemudian mengambil darah dengan jarum suntik. Sampel darah akan dianalisis menggunakan mesin portabel atau pada laboratorium. Untuk mendapatkan hasil terbaik, tes harus segera dianalisis dalam 10 menit setelah pengambilan darah.

Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani analisa gas darah?

Walaupun jarang terjadi masalah, berhati-hatilah dengan lengan atau paha yang telah diambil darah. Hindari mengangkat barang selama 24 jam setelah pengambilan darah dari arteri. Biasanya, hasil tes segera diketahui.

Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?

Normal

Skor normal yang ada pada daftar ini (disebut referensi kisaran hanya berfungsi sebagai panduan. Kisaran ini bervariasi dari satu laboratorium dengan laboratorium lainnya, dan laboratorium Anda mungkin memiliki skor normal yang berbeda. Laporan laboratorium Anda biasanya akan memuat berapa kisaran yang mereka gunakan. Dokter Anda juga akan memeriksa hasil tes Anda berdasarkan kondisi kesehatan Anda dan faktor lainnya. Hal ini berarti jika hasil tes Anda masuk kisaran abnormal dalam panduan ini, bisa saja di laboratorium Anda atau untuk kondisi Anda skor tersebut termasuk ke kisaran normal.

Analisa gas darah (pada level permukaan laut dan udara pernapasan ruang)

 Partial pressure of oxygen (PaO2):Lebih dari 80 mm Hg (lebih dari 10.6 kPa)
Partial pressure of carbon dioxide (PaCO2):35–45 mm Hg (4.6–5.9 kPa)
pH:7.35–7.45
Bicarbonate (HCO3):22–26 mEq/L (22–26 mmol/L)
Oxygen content (O2CT):15–22 mL per 100 mL darah (6.6–9.7 mmol/L)
Oxygen saturation (O2Sat):95%–100% (0.95–1.00)

 

Konsentrasi oksigen yang dihirup atau fraction of inhaled oxygen (FiO2) juga dicantumkan pada hasil laporan. Hal ini berguna jika Anda sedang dalam terapi oksigen dari tangki atau ventilator.

Beberapa kondisi dapat mempengaruhi kadar gas darah. Dokter akan memberi konsultasi pada Anda tentang hasil abnormal terkait dengan gejala yang Anda alami.
Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca